PERKEMBANGAN OLAHRAGA DI
Jaman Prasejarah
Nenek moyang bangsa Indonesia dipercaya berasal dari Hindia Belakang, kemudian terjadilah percampuran dengan penduduk asli, kira kira pada tahun 2000 SM.Kehidupan sehari-hari dengan bertani, beternak , berburu.Dengan membentuk kelompok-kelompok untuk upaya mempetahankan diri, dari alam dan lingkunganya.Pembinaan fisik yang berkembang,m terutama dititik beratkanpada pembinaan fisik terhadap tantangan alam.
Pendidikan jasmani pada masa primitive adalah untuk meciptakan kekuatan dan pengembangan kesadaran kelompok yang dilakukan oleh keluarga.Pada masa ini telah berkembang olahraga seperti renang, dayung, lari, gulat, memainkan senjata, beladiri, dan tari-tarian perang.Ada juga yang mengarah pada bentuk rekreasi, misalnya:tari-tarian nyanyi, drama,dan permainan-permainan.
Masa Kebudayaan Hindu
Bermula pada abad 5 MS,setelah masa prasejarah berakhhir.Dapat disebutkan beberapa kerajaan yang cuklup terkenal dan berpengaruh,Kerjaan Tarumanegara,Kediri, TUmampel,Mojopahit, Mataram,di Sumatra ada kerajaan Sriwijaya.
Beberapa factor yang dapat dianggap penyebab datangnya pengaruh hinndu masuk
· Perdagangan antara Cina dan
·
· Adanya pedagang-pedagang
· Penyebaran agama Hindu oleh orang-orang
Latihan jasmani yang berkembang pada masa ini adalah yoga, bertapa,dan mengheningkan cipta.dengan tujuan untuk membebaskan rohani atau jiwa dari ketergantungan terhadap jasmani.Sifat pendidik adalah untuk mengabdi pada agama,yaitu semacam pendidikan kejujuran.Tujuan pendidikan jasmani adalah penguasaan sikap dan ketahanan tubuhdari kekurangan agar dapat membebaskan jiwa dari jasmani.
Anjuran Sanghiyang Kamahayanikan (agama buda) :Begitu pula badanmu, jangan mendera diri,janganlah memandang padamakanan yang mengenakkan. Pelihara tubuhmu karena kesehatan tubuh adalah jalan mendapatkan kebahagiaan
Masa Kebudayaan Islam
Perkembangan kebudayaan Isdlam berkembang saat kerajaan Demak mengalahkan Majapahhit.Faktopr penyebab islam diterima dan berkiembang di inndonesia :
· Syarat masuk agama islam sangat mudah
· Tidak ada pembagian kasta
· Telah disesuaikan dengan jalan pikiran orang in donesia
· Islam pada masa itu menguasai perdagangan
Kerajaan yang pertama muncul adalah, Kerajaan Samudra Pasai, lalu menyusul Demak, BAnten, Makasar, Panjang, Mataram, dan Ternate.Tujuan pendidikan pada masa Islam adalah kesempurnaan hidup di alam baka.Berkembang bentuk-bentuk latihan keterampilan untuk keperluan beladiri dan rekreasi seperti : menunggang kuda, memainkan senjata, kekebalan tubuh, dan perang.
Ada beberapa permainan keterampilan dan tari-tarian yang masih berkembang hingga saat iniseperti: Sodoran, Senenan, Debus, dan Ujungan, Tari Sendati , Tari Kecak, tari Pendet, dan LOncat Nias.
Jaman Penjajahan Belanda
Belanda pertama kali mendarat di bantenpada tahun 1596,dan berhasil menguasai sebagian besar wilayah Indonesia antara tahun 1816 sampai 1942.Pada tahun 1879 ditetapkan undang-undang agrarian, dan berlaku politik pintu terbuka.
Pada abad XIX mulai berkembangdan diajarkan bentuk latihan jasmani,yaitu atletik,senam, kasti, bola baker, sepakbola,dan bolatangan.Sering dipertandingkan nomer-nomer lari, jalan,lempar, lompat,panca lomba dan dasa lomba.
Tahun-tahun penting berdirinya organisasi olahraga pada masa penjajahan, yaitu :
Tahun 19930 : PSSI terbentuk di
Tahun 1936 : PELTI berdiri di
Tahun 1938 : ISI (Ikatan Sport Indonesia) berdiri di
HAdikusumo
Tahun 1940 : PBKSI berdiri di
Tahun 1938 dan 1942 : Dilaksanakan kongres Dan Pekan OLahraga di Solo dan
Jaman Penjajahan Jepang
Tujuan Pendidikan Jasmani pada masa ini pad masa ini adalah untuk membentuk manusia yang setia pada Jepang dan memilikio kemampuan perang.Bentuk-bentuk latihan yang dilakukan adalah: Kyoreng (latihan baris-berbaris), Kendo (beladiri), Taiso (senam), dan keterampilan mengunakan bayonet. Latihan-latihan fisik bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan kedisiplinan.
Olahraga Dan Kebangkitan Nasional
Kesulitan dating dari penjajah,tetapi juga karena kebodohan rakyat sendiri, kesadaran mulai muncul bahwa perlu upaya pendidikan.Organisasi kepanduan diyakini mampu digunakan sebagai sarana pendidikan dan sebagai alat pemersatu bangsa.Hambatan-hambatan yang terjadi pada organisasi olahraga adalah :
· Lemahnya segi keuangan
· Cemooh hinaan terhadap organisasi dan peralatanya
· Sindiran bahwa tokoh organisasi adalah gembong politik
Organisasi -organisasi olahraga lain yang muncul pada masa ini adalah :
· NILTB : Nederlandsch Indischen Tennis Bond
· NIVU : Nederlandsch Indischen Voetbal Bond
· NIAU ; Nederlandsch Indische Athletiek Unie
Tahun 1945 – 1950
Dibentuk kementrian pendidikan,dengan tugas pokok menyelenggarakan latihan-latihan fisikdikalangan pemudaserta mengusahakan rehabilitasi fisik dan mental. Pembinaan gerakan olahraga di
· Di Sekolah, karena profesinya
· Di masyarakat, atas dasar pengabdian dan bersifat amatir.
Pertumbuhan Pembinaan Gerakan Olahraga di Pemerintahan
Inspeksi olahraga berubah menjadi inspeksi pendidikan jasmani, dengan langkah – langkah yang dilakukan :
- Dibentuk bagian Pendidikan jasmani
- Kursus aplikasi Pendidikan Jasmani
- Diselenggarakan Sekolah olahraga (SORA)
- TC sebagai persiapan menuju Olimpiade di London